Palang Merah Indonesia Provinsi Bali header image 3
Viagra online viagra prescription online

Transfusi Darah

Transfusi | Tata Cara | Pengelolaan | Pemakaian | PDDI | Alamat

DONOR DARAH

Merupakan Individu atau orang yang menyumbangkan darahnya, dengan tujuan untuk membantu yang lain khususnya yang pada kondisi memerlukan suplai darah dari luar, karena sampai saat ini darah belum bisa di sintesa sehingga ketika diperlukan harus diambil seseorang/individu.

Syarat-syarat Teknis Menjadi Donor Darah :

  1. Umur 17 – 60 tahun
    ( Pada usia 17 tahun diperbolehkan menjadi donor bila mendapat ijin tertulis dari orangtua. Sampai usia tahun donor masih dapat menyumbangkan darahnya dengan jarak penyumbangan 3 bulan atas pertimbangan dokter )
  2. Berat badan minimum 45 kg
  3. Temperatur tubuh : 36,6 – 37,5o C (oral)
  4. Tekanan darah baik ,yaitu:
    Sistole = 110 – 160 mm Hg
    Diastole = 70 – 100 mm Hg
  5. Denyut nadi; Teratur 50 – 100 kali/ menit
  6. Hemoglobin
    Wanita minimal = 12 gr %
    Pria minimal = 12,5 gr %
  7. Jumlah penyumbangan pertahun paling banyak 5 kali, dengan jarak penyumbangan sekurang-kurangnya 3 bulan. Keadaan ini harus sesuai dengan keadaan umum donor.

Seseorang tidak boleh menjadi donor darah pada keadaan:

  1. Pernah menderita hepatitis B.
  2. Dalam jangka waktu 6 bulan sesudah kontak erat dengan penderita hepatitis.
  3. Dalam jangka waktu 6 bulan sesudah transfusi.
  4. Dalam jangka waktu 6 bulan sesudah tattoo/tindik telinga.
  5. Dalam jangka waktu 72 jam sesudah operasi gigi.
  6. Dalam jangka wktu 6 bulan sesudah operasi kecil.
  7. Dalam jangka waktu 12 bulan sesudah operasi besar.
  8. Dalam jangka waktu 24 jam sesudah vaksinasi polio, influenza, cholera, tetanus dipteria atau profilaksis.
  9. Dalam jangka waktu 2 minggu sesudah vaksinasi virus hidup parotitis epidemica, measles, tetanus toxin.
  10. Dalam jangka waktu 1 tahun sesudah injeksi terakhir imunisasi rabies therapeutic.
  11. Dalam jangka waktu 1 minggu sesudah gejala alergi menghilang.
  12. Dalam jangka waktu 1 tahun sesudah transpalantasi kulit.
  13. Sedang hamil dan dalam jangka waktu 6 bulan sesudah persalinan.
  14. Sedang menyusui.
  15. Ketergantungan obat.
  16. Alkoholisme akut dan kronik.
  17. Sifilis.
  18. Menderita tuberkulosa secara klinis.
  19. Menderita epilepsi dan sering kejang.
  20. Menderita penyakit kulit pada vena (pembuluh balik) yang akan ditusuk.
  21. Mempunyai kecenderungan perdarahan atau penyakit darah, misalnya, defisiensi G6PD, thalasemia, polibetemiavera.
  22. Seseorang yang termasuk kelompok masyarakat yang mempunyai resiko tinggi untuk mendapatkan HIV/AIDS (homoseks, morfinis, berganti-ganti pasangan seks, pemakai jarum suntik tidak steril).
  23. Pengidap HIV/ AIDS menurut hasil pemeriksaan pada saat donor darah.

Manfaat Donor Darah

  1. Dapat memeriksakan kesehatan secara berkala 3 bulan sekali seperti tensi, Lab Uji Saring (HIV, Hepatitis B, C, Sifilis dan Malaria).
  2. Mendapatkan piagam penghargaan sesuai dengan jumlah menyumbang darahnya antara lain 10, 25, 50, 75, 100 kali.
  3. Donor darah 100 kali mendapat penghargaan Satya Lencana Kebaktian Sosial dari Pemerintah.
  4. Merupakan bagian dari ibadah.

Sumber :
www.palangmerah.org

Transfusi | Tata Cara | Pengelolaan | Pemakaian | PDDI | Alamat

40 komentar

40 respon sejauh ini

  • 1 sugiarto pada 3 Januari 2014 pukul 06:33

    PMI sebaiknya punya tempat transfusi diluar RS Sanglah, karena di RS sanglah parkirnya susah, beberapa kali muter2 gak nemu parkir. saya rasa byk org yg mau donor batal gara2 parkir.

  • 2 agungarioka pada 31 Oktober 2013 pukul 16:44

    Halooo… kalau ada yang butuh darah B saya bersedia untuk donor. demi kesehatan dan kemanusiaan.. hub saya 08970843338… trims

  • 3 yeyek Suprayitno (No:38275) pada 26 Juni 2013 pukul 10:06

    Selasa, 25 juni 2013,jam 12.30,Parkir cukup susah dihalaman RS Sanglah Denpasar,dan petugas penerimaan unit tranfusi darah kurang bersahabat menambah kesal saja,yg sebenarnya saya ingin menyumbangkan setetes darah bukan minta darah…Agar PMI murah senyum

  • 4 hendro pada 22 September 2012 pukul 03:18

    saya mau tanya ,…
    tempat donor di daerah denpasar dimana yahh,…
    tolong informasinya yang jelas terima kasih.

  • 5 Uu Solihudin pada 11 Juli 2012 pukul 06:49

    saya kebetulan mengabdi di UDD PMI, PMI Bali sangat baik dalam hal manajemen kepegawaiannya, kalo tidak keberatan boleh share mengenai pedomannya. terimakasih.

  • 6 agnes liu pada 9 Januari 2012 pukul 09:42

    saya baru di sini,tapi saya harap,saya bisa menyumbangkan darah bila da yang memerlukan,golongan darah saya AB

  • 7 YESAYA O BAIL pada 10 November 2011 pukul 02:25

    Diharapkan Team PMI Bali lebih Gencr melakukan sosialisasi tentang Donor Darah di Kab.Karangasem karna dikarangasem sangat sedikit pendonor darah
    terimakasih

  • 8 elypus pada 21 Oktober 2011 pukul 22:20

    di tangerang tepatnya daerah perum ato lippo apa ada PMI yg buka 24 jam ya?
    Saya dari daerah dan dulu rutin donor krn ada PMI yg buka 24 jam jd bisa sesuka hati datang tnp harus menungu acara donor …tp setelah pindah ke tangerang ikut suami, sy belum bisa menemukan PMI yg buka 24 jam
    tolong info dmn saya bisa menemukan PMI yg buka 24 jam…
    Terima kasih sebelumnya

  • 9 Nilna Kanza A. pada 19 Oktober 2011 pukul 03:53

    SUBHANALLAH……., Sesungguhnya Allah Mahakuasa lagi maha pemurah. kita tak perlu membayar sekian juta bahkan milyaran padaNYA. itu hanya darah belum lagi nafas kita, lima menit aja kita ndak bernafas,ndak bisa hidup, padahal sudah berapa tahun kita hidup ini dengan bernafas, tanpa mengeluarkan satu rupiah pun pada Allah. maka dari itu kita waib berteima kasih padanya dengan menjalankan semua perintahnya dan menjauhi larangannya.



  • 10 Nilna Kanza A. pada 19 Oktober 2011 pukul 03:45

    SUBHANALLAH……., Sesungguhnya Allah Mahakuasa lagi maha pemurah.



  • 11 HADI pada 14 Oktober 2011 pukul 14:54

    golongan darah sy B jk ada yg membutuhkan,sy siap memberikan darah sy,kapan pun.hub sy di 0361-8200467

  • 12 Yuni pada 3 Oktober 2011 pukul 05:35

    To. PDDI
    Saya hanya tergerak melihat sahabat terbaring di ICU di Tangerang. yg butuh segera pertolongan darah AB. Akhirnya Pesan 10 kantorng darah dari PMI dikenakan biaya sebesar 800 ribu per kantong.
    Totalnya 8 juta.
    kami usahakan cari saudara/teman/keluarga untuk dimintakan donor…..ternyata bila kita mendonorkan darah pun, darah tersebut harus discreenning / dibersihkan/disteril di PMI. Untuk proses tersebut sampai dimasukan ke kantong darah diperlukan biaya sebesar Rp. 750 ribu (terdiri dari biaya pack Rp. 250ribu + biaya screen Rp. 500 ribu).

    Yah Tuhan,….segitu mahalkah biaya apabila kita sendiri yang mendonorkan DARAH???????????

    Itu informasi dari suami si pasien, Tolong kami apabila prosedur tersebut memang benar????

    Berapa banyak darah dari pendonor yang dijualbelikan PMI??? Bukankan ini kemanusiaan sifatnya………?????

  • 13 Andy Krisna pada 11 Agustus 2011 pukul 00:49

    Kpd Bpk/Ibu bag unit transfusi darah, mohon dievaluasi terkait sistem koordinasi tim PMI yang ada di RS Wangaya dan RS Sanglah dg tim medis yang ada di kedua rumah sakit tersebut. Ada 2 kasus yg menimpa sy saat membantu pasien dhuafa:
    1. Di RS Wangaya, tim PMI tdk koordinasi dg tim medis terkait pengambilan darah. TIm PMI tdk menyampaikan ke tim medis jk saya mengambil darah, sehingga tim medis kaget ketika saya beri 1 kantong darah dr wangaya,krn pasien belum diperiksa, padahal permintaan muncul dr kedua belah pihak.

    2. Pada saat sy memberikan sampel darah dan surat keterangan dari wangaya unt PMI RS Sangalah, sy diminta untuk mencaraikan pendonor darah O untuk ibu Husnah (Dhuafa), ada beberapa teman sy yang siap jd pendonor, begitu sampai di PMI Sanglah, pihak PMI Sanglah, menyampaikan belum ada laporan untuk donor buat ibu husnah. Ini menunjukkan SOP di PMI masih belum bagus dalam koordinasi.

    Mhn ditindaklanjuti kasus ini untuk bahan perbaikan

    LSM Dompet Sosial Madani Bali
    Jl Diponegoro 157 Denpasar
    Andy 081 553 457 527

  • 14 Ari Sahbana pada 4 Agustus 2011 pukul 03:34

    PMI Provinsi Bali sangat menghargai pendonor darah sukarela nya. kalau boleh, saya minta pedoman penghargaan donor darah. mohon bantuannya. terimakasih.

  • 15 DENI pada 6 Juli 2011 pukul 07:52

    Aku dah pernah nonton sinetron yg jelas terjadi perdarahan hebat pada seorang wanita, kemudian dokter Sutan memerintahkan transfusi dengan teman yang golongan darahnya sama pada perawatnya yang hanya 1 orang dan itu tejadi di Puskesmas. wUIH Canggih….Apa di kehidupan nyata bisa terjadi spt itu

  • 16 izzati pada 27 Januari 2011 pukul 09:49

    kenapa orang donor darah harus di tes golongan darahnya?

  • 17 wibawa_wean pada 18 Januari 2011 pukul 21:04

    donor itu menyenangkan and bermanfaat.

    visit: http://ukmksrpmiundiksha.blogspot.com

  • 18 franky pada 31 Agustus 2010 pukul 00:36

    mohon info segera..
    berapa lama waktu yg di butuh kan seorang petugas laboratorium di PMI untuk melakukan check kondisi darah apakah bebas penyakit atau tidak…
    terimakasih

  • 19 Neni pada 21 Juli 2010 pukul 12:01

    mo nanya donk PMI.. klo yg dimaksud penghargaan buat yg udah donor 10x or 25x yg di kartu donor itu yg seperti apa sih? dapet plakat gitu ya or penghargaan yg lain? bukanny pamrih tapi cuma penasaran aja hehe..

    – visit http://m.rujakasik.com

  • 20 ria pada 21 Juli 2010 pukul 10:41

    ak tu pengen bgt donorin darah aku….
    cuma ak tu takut ma darah….tyuz gmna ya??/

  • 21 Dek Mus pada 2 Juli 2010 pukul 19:40

    Kok belum ada respon yah……sebagai saran coba buka dech Web nya PMI Jateng, disana terpampang stock darah 37 kabupaten dibandingkan bali yg hanya 9 kabupaten.

  • 22 Yani pada 30 Juni 2010 pukul 11:04

    Kalo kita konsumsi obat, semisalnya obat sakit kepala, obat maaf, atau obat diet atau sebagainya secara rutin, berapa lama puasa obat untuk bisa donor darah ? terima kasih

  • 23 Dek Mus pada 17 Mei 2010 pukul 08:58

    Boleh ngak ditampilkan stok rutin gol darah masing2 UTDC sesui lap stock harian, sehingga UTDC/kel pasien tahu dimana stock yg berlebihan..

  • 24 Lita pada 11 Mei 2010 pukul 13:57

    Klo donor darah di RS.Manuaba-Jl.Cokroaminoto bisa enggak? Soalnya itu yg paling deket dg tempat tinggal saya…

  • 25 ade banten pada 2 Februari 2010 pukul 20:37

    made darma asih apa kabar?
    hubungi aku di 085283713949. thank’s

  • 26 RATNA MUSTIKA pada 4 November 2009 pukul 21:55

    PMI oce bgtzZ….aq ska ikt kegiatanya….
    thankz PMI dach buat aq nambah wawasan…!!!!!!!!
    mju terus PMIq

  • 27 Ary'x pada 1 Oktober 2009 pukul 00:47

    malem,,, sukses banget buat PMI,,, and banyain materi lagi dounkk…!

    tx yea..!

  • 28 ima pada 30 Agustus 2009 pukul 22:38

    top bangat… buat PMI

  • 29 I Kadek Adiguna pada 18 Juli 2009 pukul 16:57

    Ada ga program donor darah ke Banjar-banjar?
    saya punya rencan ngadain kegiatan tersebut dalam rangka menyambut 17 Agustus…
    Trims!!!

  • 30 Erick sibarani pada 9 Juni 2009 pukul 18:14

    hi.. PMI Indonesia Q.! dulu saya pernah donor di medan. *(horas medan).. trus..! Para PMI mengatakan saya mendapat jaminan jika saya membutuhkan darah dapat di ganti dan di ambil di Bank darah. itu betuln ngak..? al ya saya butuh bgt ni darah sekarang…

  • 31 hendro pada 28 Mei 2009 pukul 13:25

    donor darah biasanya sakit karena jenis jarum yang digunakan 16 G atau 17 G ,kadar rendah bahan stainlessteel yang ada dijarum, atau sudut pengambilannya ,juga bila sudah terbentuk jaringan keras ditempat pengambilan darah (sering ) .juga pengalaman dari perawat yang mengambilnya masih kurang jam terbangnya.baru yang terakhir karena sudah takut duluan jadi tidak mudah penusukannya.

  • 32 yatee pada 10 April 2009 pukul 15:41

    aQ jg prnh jd donor… rsa y ngilu2 gmn gtu pi dh lma nhe lom ngdonor lg gk bkln pa2 kn???? mga ja drah yg udh aq kze bkln bermnfaat dehh

  • 33 Skydayjab pada 30 Desember 2008 pukul 13:13

    hello it is test. WinRAR provides the full RAR and ZIP file support, can decompress CAB, GZIP, ACE and other archive formats.
    umdfcqksfglsbkpnkufrjsqbugtfkmbrnzghello

  • 34 Beni pada 12 November 2008 pukul 00:09

    Salam Sejahtera, ada yg tau ngga gmn saya bisa dapet golongan darah ‘B’, saya perlu banget soalnya istri saya sangat membutuhkan tranfusi darah. Mungkin saudara/i ada yang tau informasinya, istri saya sekarang berada di jimbaran bali. Terima kasih sebelumnya semoga ada yang bisa bantu saya dan istri saya…

  • 35 Yusa pada 3 November 2008 pukul 16:33

    tapi koq masih ada masy yg takut donor darah y.??????

  • 36 Tissin, SATIN Bangli pada 30 Oktober 2008 pukul 13:36

    Yei….Hore….aku udah pernah donor…seneng dech…Gak rutin donor tiap 3 bulan gpp kan…??

  • 37 christine pada 28 Oktober 2008 pukul 13:02

    apakah donor diwajibkan pertiga bulan dengan tenggang waktu yang teapat? bgm dgn donor bulan ke 4 atau ke 5? (tdk rutin 3 bln).

  • 38 i made agus dedy wirawan pada 29 Agustus 2008 pukul 12:40

    saya sudah pernah donor lebih kurang 9 kali.
    dulu pernah donor di jogja.
    beberapa kali di bali.
    dimana saya bisa mencari data pasti kapan dan dimana saya donor?
    dikarenakan kartu saya hilang.
    terima kasih.
    i made agus dedy wirawan
    jl. gunung agung gg. yamuna II no.14 denpasar-bali

  • 39 Richard pada 3 Juli 2008 pukul 17:46

    Bener ya kalo transfusi darah bisa menambah berat badan??

  • 40 darma pada 8 Mei 2008 pukul 16:47

    web yang baru ini menurut aku bagus banget, karna selain kita bisa mendapat infrmasi, kita juga bisa memberikan infosmasi yang sangat berguna, istilahnya komunikasi dua arah gito!

Beri komentar

XHTML: Anda bisa memakai tag berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>